Minggu, 20 April 2008

Mencukur Jungkir Balik



Wow! Mencukur dengan cara biasa ternyata bisa membosankan. Tak heran bila mahasiswa Akademi Seni Dandan Rambut dari Kiev ini memilih kebalikannya. Rustam Danilchuk, sang mahasiswa, bergelantungan. Kakinya diikat erat di langit-langit. Tangannya memegang alat cukur, menggarap seorang model. Sensasi Danilchuk ini bagian dari show Festival Internasional Fashion dan Kecantikan "Malaikat Kristal" ke-VII di Kiev, Ukraina, pada Jumat (18/4). Aksi mencukur terbalik ini memang menarik perhatian. Hasilnya? Tentu terserah penilaian masing-masing orang. Semoga saja bila si nyentrik Danilchuk ini kelak buka praktik, ada pelanggan yang mau datang.(EPA/roy)


Sumber: http://www.jawapos.com/index.php?act=detail&id=10345

Kuliah Masih Diantar Ayah



Banyak "anak ajaib" berkeliaran di sekitar kita. Mereka menjalani pendidikan setara dengan anak yang jauh lebih tua. Sebutan resminya adalah cerdas istimewa. Umur 13 tahun sudah hendak lulus SMP. Umur 15 tahun sudah kuliah semester dua. Metropolis People hari ini membahas kisah beberapa anak itu. Bagaimana mereka hidup, bagaimana mereka hidup nanti.


Agung Diananto Pratomo Putro termasuk anak paling "ajaib" di Surabaya. Umurnya masih 15 tahun. Bila kebanyakan anak seusia itu masih duduk di bangku kelas 3 SMP, Agung sudah melompat jauh lebih tinggi. Dia sekarang kuliah semester dua di Fakultas Teknik Informatika ITS.


Dengan umur sebelia itu, Agung tidak terlihat seperti pelajar perguruan tinggi yang lain. Lihat saja wajahnya, masih imut-imut. Tentu saja, putra pasangan Bambang Hermanto, 51, dan Sri Diyah Isnaini, 47, tersebut belum bisa sepenuhnya mandiri.


Saban pagi, dia masih dibonceng sang ayah untuk berangkat kuliah. Kalau Bambang harus buru-buru berangkat kerja, Agung pun berangkat ke ITS naik sepeda pancal. Sebenarnya, Bambang sudah menyiapkan satu motor baru untuk anak sulungnya itu. Tapi, Agung belum tertarik naik motor dan memang belum cukup umur untuk punya SIM (kalau tidak ingin "menembak" umur).
Soal dandanan juga begitu. Agung masih suka pakai tas ransel dan bertopi. Jadi, dia lebih mirip anak SMP yang mau ikut bimbingan belajar daripada seorang pelajar perguruan tinggi. Setiap kali beli baju, Agung memang masih ditemani ayah ibu. "Agung masih harus dibantu untuk mengepaskan ukuran baju," terang Bambang.


Belum lagi urusan bangun pagi. Hingga saat ini, Agung belum bisa bangun tidur sendiri. "Ibunya masih harus cawe-cawe," lanjut Bambang.


Orang tuanya tentu belum bisa melepas Agung seperti pelajar perguruan tinggi yang lain. Kalau pulang larut malam, Bambang dan Diyah selalu mempertanyakan.


Pernah, sebelum ujian tengah semester (UTS) Maret lalu, Agung membuat ayah ibunya pusing tujuh keliling. Selama beberapa hari, Agung menunjukkan kebiasaan tidak lazim. Dia berangkat kuliah pagi, tapi baru pulang tengah malam. Kadang dini hari.


Setiap kali anaknya sampai di rumah, Bambang selalu bertanya-tanya. Benarkah anak pertamanya itu belajar begitu lama di ITS? Tugas macam apa yang harus dikerjakan hingga tengah malam? Setiap kali mendapatkan pertanyaan tersebut, Agung selalu enggan meladeni. Capai katanya.


Suatu hari, setelah ditunggu lama, Agung tak juga pulang. Diam-diam, menjelang tengah malam, Bambang dan Diyah berinisiatif menelusuri keberadaan anaknya tersebut. Bambang membonceng istrinya dengan motor dan berputar-putar di Kampus ITS. Keduanya blusukan ke ruang kelas anaknya. Perasaan keduanya makin tak keruan saat Agung tak juga ditemukan.


Keduanya kemudian meluncur ke asrama mahasiswa ITS di Jalan Arif Rahman. Dia mencari tahu kepada teman-teman sekelas Agung, ke mana sesungguhnya anak tersebut. "Saat itu, saya benar-benar khawatir. Namanya juga orang tua," terangnya.


Setelah menyusuri gedung empat lantai itu, dari situlah informasi tentang Agung didapat. Dia pulang larut karena harus mengerjakan tugas program komputer yang diberikan dosen. "Saya baru lega melihat Agung mengutak-atik komputer di salah satu kamar mahasiswa," jelas PNS Dinas Kesehatan Kota Surabaya tersebut.
Saat mengajak anaknya pulang, keduanya justru ditertawakan beberapa sekuriti asrama. "Saya kira anak Anda cewek. Kok, sampai membuat orang tua gelisah. Sudahlah, dilepas saja anaknya. Toh juga sudah kuliah," kata Bambang menirukan ucapan sekuriti itu.


Sewaswas apa pun Bambang dan Diyah, di satu sisi mereka patut berbangga kepada Agung. Sejak kecil, anak itu memang beda dari kebanyakan. Kelas 1 dan 2 SD Kalijudan II hanya ditempuh dalam setahun. "Setengah tahun di kelas satu, langsung naik kelas dua," ujar Agung.

Daya tangkap Agung memang lebih cepat daripada anak kebanyakan. Ketika menginjak bangku SMP, bocah berwajah imut-imut itu diterima di kelas akselerasi SMPN 1 Surabaya.


Namun, untuk jenjang SMA, dia terpaksa memilih kelas reguler. "Saya pernah merasakan gagal masuk SMAN 5 Surabaya. Nilai saya kurang. Saat itu, saya hanya memilih kelas akselerasi," jelasnya.


Agung pun bersekolah di SMAN 2 Surabaya. Prestasi Agung di bangku SMA membuat orang tuanya ketar-ketir. Nilai Agung menunjukkan hasil fluktuatif. Bahkan, dia kerap mendapatkan nilai jelek saat ulangan harian.
Bambang pun tanggap. Dia mengajak anak laki-lakinya tersebut ke seorang psikolog TNI-AL. Ketika itu, Bambang dapat nasihat bahwa anaknya tengah mengalami kebosanan. Dia merasa tak punya saingan berarti di bangku SMA.


Ketika kelas tiga, gairah belajar Agung kembali menanjak hingga dia bisa lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB). Tahun lalu, saat masih berumur 14 tahun, dia menjadi warga baru termuda di ITS.


Karena itu, dalam orientasi pengenalan kampus, Agung kerap menjadi bulan-bulanan para senior. "Saya sudah sembunyi-sembunyi saat berbaris, masih ketahuan juga. Tugas saya saat itu meneriakkan yel-yel," ucapnya.

Bergumul dengan teman-teman yang lebih senior, Agung tak merasa canggung. "Tak pernah saya panggil mereka Mas atau Mbak. Status kami sama Bung," ucapnya lantang.
Bedanya mungkin pada tema pembicaraan. Agung rupanya masih malu-malu ngobrol soal cewek. "Saya belum tertarik bicara pacar. Masih kecil," jawabnya pendek. "Ibu bilang belajar dulu. Jangan mikir punya pacar," lanjutnya.


Meski demikian, Agung mengaku terkadang tergiur juga melihat cewek yang berdandan seksi. "Kalau melihat yang seksi, saya juga suka. Normal juga saya ini," tandasnya.


Pernah, suatu ketika, Agung dirayu teman-teman sekelas untuk menggoda seorang gadis. "Saya selalu menolak goda-goda mahasiswi. Ibaratnya, mereka itu kan mbak saya," terangnya.


Di kampung pun, Agung tidak suka grudak-gruduk bergadang hingga tengah malam seperti remaja umumnya. "Saya pernah menawarkan. Mbok ya sekali-sekali keluar malam seperti remaja lain. Tapi nyatanya, Agung tak tertarik. Masak harus saya paksa," ungkap sang ibu.


Sekarang, pembaca pasti bertanya-tanya, seperti apa nilai Agung selama kuliah? Mampukah anak umur 15 tahun seperti dia menanggung beban kuliah yang lebih berat? Ternyata, performa Agung tidak mengecewakan. Terakhir, dia masih bisa meraih indeks prestasi kumulatif 3,11.


Menurut jadwal, Agung bakal lulus kuliah pada usia 18 tahun. Meski saat lulus nanti dirinya masih sangat muda, Agung berniat untuk langsung bekerja. Ketika disinggung masih terlalu muda untuk bekerja, Agung punya jawaban tegas. "Nggak papa. Pengin coba-coba," ujarnya. (anggit satriyo/aza)



Agung Diananto Pratomo Putro

Lahir: Surabaya, 14 November 1992

Semester Dua Fakultas Teknologi Informasi

IQ: 130

Hobi: Main Game dan Membaca

Cita-cita: Pakar Teknologi Informasi


Sumber: http://www.jawapos.com/index.php?act=detail_c&id=337296

Jumat, 18 April 2008

Bayi Palestina Dibunuh Israel

GAZA - Aksi kekerasan di kota Gaza semakin intensif. Dalam serangan terakhir, Rabu (27/2) malam, pesawat udara militer Israel menghujani Kantor Pemerintah Hamas dengan roket. Seorang bayi lelaki berusia enam bulan, anak Nasser Al-Borai, warga Palestina, terbunuh dalam aksi kekerasan tersebut. Selain itu, 30 lainnya terluka.


Insiden tersebut bermula ketika pesawat tempur Israel menyerang Kantor Perdana Menteri (PM) Hamas Ismail Haniyeh dan Kantor Menteri Dalam Negeri. Dalam kejadian itu, petinggi-petinggi Hamas dan Haniyeh selamat. Mereka sudah bersembunyi demi menghindari aksi percobaan pembunuhan oleh Israel.


Departemen Kesehatan Palestina menyatakan, sebagian besar korban luka adalah warga sipil permukiman yang dekat kantor pemerintahan tersebut. "Bayi yang menjadi korban itu meninggal karena terkena serpihan bom," kata salah satu petugas rumah sakit.


Menurut kesaksian salah satu petugas militer Palestina, 40 roket ditembakkan Israel. Selain Gaza, kota Ashkelon yang terletak 9,6 kilometer utara perbatasan Gaza, sekaligus rumah sakit pusat kota, tidak luput dari serangan. Untung, tidak ada korban di dua lokasi tersebut.


Sejatinya, aksi Israel itu merupakan balas dendam setelah Hamas menyerang Sekolah Tinggi Sapir di kota Sederot, Israel, Rabu (27/2) pagi. Hamas mengklaim bertanggung jawab atas serangan roket yang membunuh seorang siswa itu.


Namun, tindakan Hamas itu dilakukan beberapa jam setelah dua serangan udara Israel membunuh tujuh orang di Gaza. Termasuk, dua komandan tinggi pada operasi roket Hamas. Aksi saling serang itu membuat warga sipil yang menjadi korban murka.


Meski demikian, petinggi Israel sepertinya tidak berniat mengurangi serangan. "Saya rasa kita tak harus menunjukkan belas kasihan kepada siapa pun yang mau membunuh kita," kata Menteri Kabinet Israel Meir Sheetrit kemarin. (AP/tik/tia)


Sumber: http://www.jawapos.com/index.php?act=detail_c&id=336875

Film Islami yang Sesuai Syariat Islam

Film tidak termasuk kategori ritual, melainkan media yang bersifat muamalah. Dan secara prinsip dalam masalah muamalah, tidak ada ketentuan tertentu yang menjadi aturan main. Berbeda dengan ibadah ritual yang punya syarat, rukun, wajib, serta kesunnahan.


Film adalah sebuah media informasi yang bisa saja menjadi halal hukumnya, bahkan wajib atau sunnah untuk dibuat. Namun film juga bisa menjadi haram untuk dibuat atau ditonton.


Tentu saja kita tidak bisa main hantam kromo mengharamkan film secara membabi buta. Tidak bisa diterima akal sehat kalau kita pukul rata bahwa semua film itu haram, dengan alasan karena Rasulullah SAW dahulu tidak pernah berdakwah dengan film.


Namun kita pun tidak bisa juga pukul rata untuk mengatakan bahwa semua film itu halal dan layak untuk dibuat. Bahkan trend yang kita rasakan, jauh lebih banyak film yang tidak layak untuk dibuat dan ditonton, ketimbang yang layak.


Semua itu karena seni pembuatan film masih didominasi insan perfileman yang tidak terbina keIslamannya dengan kadar yang cukup. Banyak dari mereka (mohon maaf) yang beragama hedonisme, menghalalkan kenikmatan duniawi tanpa batas norma agama. Itu adalah realitas, meski kita juga tidak bisa -sekali lagi- main pukul rata.


Istilah FIlm Islami dan FIlm Syar'i


Mungkin kami tidak akan menggunakan istilah film Islami atau syar'i, karena alasan tertentu. Tapi rasanya kami lebih nyaman menggunakan istilah film 'layak tonton' bagi umat Islam.


Rasanya masih agak terlalu jauh untuk menyebutkan istilah film Islami, apalagi film syar'i. Karena ada banyak kekurangan yang sulit ditutup begitu saja, terlebih di tengah iklim perfilman kita yang dikelilingi oleh banyak kalangan yang masih jauh dari nilai Islam dan syariah.


Beberapa Faktor Penting


Apakah sebuah film layak tonton oleh seorang muslim, tentu sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Kebetulan sejak lebih beberapa tahun yang lalu, pertanyaan serupa pernah kami jawab di situs www.syariahonline.com. Alhamdulilah, ternyata kami masih punya file jawaban itu, jadi tidak ada salahnya kalau kami kutipkan di sini.


Intinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah film Islami, antara lain dalam pandangan kami adalah:


1. Cerita


Cerita sebuah film Islami tidak harus melulu tentang sejarah nabi atau para shahabat. Juga tidak harus film-film berbahasa Arab dengan kostum pemain memakai surban atau jubah arab serta dengan setting padang pasir. Namun cerita bisa saja tentang potret masyarakat dengan kehidupan nyata mereka sehari-hari yang dituturkan dengan cara yang menarik, segar dan kreatif serta artistik.


Untuk itu dibutuhkan ide-ide segar dari para penulis naskah yang tentunya harus punya kematangan dalam memahami ajaran Islam. Sehingga meski bertutur tentang keseharian, namun tetap lekat dan kental dengan dakwah dan visi Islam. Umat Islam perlu punya semacam lembaga pendidikan khusus untuk para penulis cerita Islami dan mereka harus dikenalkan dengan visi dan misi dari sebuah cerita yang bernuansa Islami.


Bahkan mereka perlu berlajar syariat Islam agar benar-benar paham apa yang akan mereka tulis.


Masyarakat tentu sudah bosan dengan cerita tidak masuk akal gaya sinetron Indonesia yang melulu tentang orang-orang kaya, mobil mewah, rumah megah dan mobil wah. Tapi isinya orang-orang jahat semua, karena tidak lepas dari selingkuh, pacaran, gossip, pelewengan dan terus terang saja: PERZINAAN!!. Semua itu justru tidak membumi karena tidak realistis dan cenderung ditinggalkan penonton.


Selain itu, penting juga untuk diperhatikan bahwa cerita yang Islami itu seharusnya jauh dari potret percintaan manusia lain jenis seperti pacaran atau hasrat-hasrat yang muncul antara laki-laki dan wanita. Jangan sampai judulnya bicara tentang orang betawi misalnya, tapi ceritanya masalah pacaran melulu.


Atau cerita tentang ustaz yang baik, tapi alur cerita tidak jauh dari para wanita-wanita cantik yang naksir dan kesengsem sama pak ustaz dan masing-masing saling berebut hatinya pak ustaz. Sehingga pokok cerita menjadi seolah cerita cintanya pak ustaz dengan para wanita cantik.


Apalagi ada adegan pak ustaz harus kencan dengan para wanita, atau naik mobil berdua saja atau makan di restoran berduaan. Ini jelas tidak Islami dan perlu dikritik. Karena biar bagaimana pun mereka bukan mahram sehingga tidak halal untuk berduaan walau di tempat umum.


2. Kostum dan Aurat Wanita


Meski sebuah cerita menuntut adegan atau peran tokoh antagonis atau yang tidak Islami, bukan berarti menampilkan wanita dan auratnya menjadi boleh.


Kalau pun harus muncul sosok wanta, maka seharusnya wanita yang menutup aurat dengan tidak mengekspose kecantikannya atau lemah gemulai sosoknya. Dan kalau ingin menggambarkan adanya wanita yang tidak menutup aurat seperti potret kebanyakan, maka harus diusahakan agar tidak menjadi center of interest dari sebuah adegan.


Yang lebih baik dan aman adalah film itu menampilkan sesedikit mungkin para wanita, karena khawatir fitnah yang akan muncul.


3. Akting


Sebuah film terkadang dituntut untuk menggambarkan hal-hal yang tidak Islami dan bernilai maksiat. Pertanyaannya adalah: Bisakah dibenarkan seorang muslim melakukan akting dan berpura-pura melakukan kemaksiatan atau kekufuran?


Jawabannya perlu dikupas dan dipilah terlebih dahulu. Misalnya adegan kemaksiatan itu adalah minum khamar, tentu saja tidak boleh menggunakan khamar sungguhan. Sebagaimana adegan membunuh manusia, tentu saja tidak boleh membunuh betulan.


Tapi bagaimana kalau adegan perkosaan, percumbuan atau perzinaan? Bolehkah melakukannya dengan lawan main yang non-mahram, meski hanya pura-pura?


Film-film Hollywood umumnya memberikan gambaran apa adanya, sehingga adegan seksual antara non-mahram pun selalu ada di setiap tayangan mereka, bahkan sudah menjadi sesuatu yang harus ada. Sebaliknya, karena dunia timur yang notabene kebanyakan muslimin ini hanya jadi pengekor barat, maka adegan-adegan tidak senonoh pun sering tampil di layar film Indonesia.


Bahkan beberapa waktu yang lalu, film-film tipe seperti inilah yang menghiasi hampir semua bioskop di Indonesia. Seolah-olah adegan seperti itu justru menjadi inti dari film meski jalan ceritanya tidak jelas.


Dalam film Islami dan bernilai dakwah, semua hal tersebut jelas tidak mungkin dibuat dan tidak boleh terlintas di benak para sineas muslim. Karena sejak awal semua tahu bahwa menampilkan adegan-adegan seperti itu meski tidak vulgar, justru memberi ruang kepada syetan untuk menggoda para penonton.


Minimal adegan itu telah membangkitkan khayal dan keinginan rangsangan meski pun misalnya hanya dalam bentuk suara di balik pintu kamar. Yang jadi inti masalah bukan ada adegannya atau tidak, tapi kesan yang ditimbulkan di benak para penonton itulah yang harus dijaga.


4. Sutradara


Sutradara adalah otak dari sebuah produksi film, karena itu kriteria sutradara untuk film yang Islami harus lebih diperhatikan. Sosoknya adalah mereka yang benar-benar paham dan punya visi yang Islami secara shahih dan syamil. Bukan sekedar mewarisi semangat Islam dari sisi keturunan atau lingkungan.


Sosok sutradara ini harus benar-benar orang yang aktif `mengaji` dalam arti yang sesungguhnya, agar penggambaran demi penggambaran yang dilakukannya tidak lepas dari koridor syar`i.


Peran sutradara memang sangat besar, bahkan ide cerita dasar dari sebuah naskah yang sudah sangat Islami, terkadang bisa berubah total ketika telah menjadi film. Dan dalam banyak kasus, hal itu memang seringkali terjadi.


Maka kalau sutradara itu bukan dari kalangan aktifis dakwah, kita sering merasa kecolongan dengan hasilnya yang mengalami penurunan nilai dakwah secara cukup drastis.


5. Pemeran


Idealnya sosok para pemeran adalah mereka yang dalam kesehariannya adalah orang-orang yang shaleh. Sehingga apa yang diperankannya dalam film itu memang mencerminkan jiwa dan kepribadiannya juga.


Akhlaq para pemain di luar film haruslah akhlaq yang Islami pula, karena yang namanya dakwah meski lewat film adalah dakwah juga. Bukan semata-mata seni peran yang memerankan orang baik dan buruk. Sehingga tidak pantas film dakwah dimainkan oleh mereka yang akhlaqnya bertentangan dengan dakwah Islam itu sendiri. Yang masih suka mengumbar nafsu syahwat, membuka aurat dan bergaul bebas dengan lain jenis.


Biar bagaimana pun film dakwah bukan sekedar komoditas seni belaka, tetapi dia adalah sebuah produk dakwah, yang sejak hulu hingga hilir harus selaras dengan visi dakwah yang diembannya.


Namun untuk mendapatkan sosok pemeran yang memenuhi kriteria itu tidak terlalu mudah. Ini akibat hedonisme dan permisifisme yang sering identik (atau malah sengaja diidentikkan) dengan sosok para arits dan selebriti.


Ketidak-sesuaian antara karakter asli pemeran dengan lakon dan peran yang dimainkan sedikit banyak akan mengganggu para penonton yang mengenal sosok aslinya. Kalau dia adalah seorang yang baik dan hanif lalu berperan sebagai tokoh antagonis, mungkin tidak terlalu masalah. Namun kalau sebaliknya, di film jadi ustaz atau orang baik, tapi ketika ketemu sosok aslinya ternyata lagi joget di diskotik sambil teler menenggak alkohol. Nah, kan berabe.


6. Produser


Produser pun idealnya punya fikrah dan pemahaman Islam yang baik, sehingga ketika memproduksi film itu, sejak awal niatnya ibadah dan dakwah. Sehingga pertimbangan dalam setiap keputusan yang diambilnya selalu bervisi yang baik. Bukan sekedar asal laku filmnya dan asal murah. Sementara kualitas dan visi Islamnya tidak diperhatiakan.


7. Kru


Sebuah produk tayangan film yang Islami, idealnya memiliki kru yang juga punya wawasan dan kecintaan pada Islam serta setia mengaplikasikan ajaran Islam dalam diri mereka. Bahkan ketika pembuatan film sedang berlangsung, maka kru yang Islami adalah mereka yang tetap memperhatikan waktu-waktu shalat. Dan bila bertepatan dengan Ramadhan, maka tetap menjalankan ibadah puasa.


Ketika saat break datang, mereka tetap menjalankan shalat lima waktu dengan berjamaah. Serta mengisi saat saat kosong dengan sesuatu yang bermanfaat, misalnya zikir, tilawah Al-Quran, diskusi yang positif dan seterusnya. Bukannya malah senang-senang di bar dan diskotik melepas lelah sambil memuaskan nafsu syahwat.


Idealnya teman-teman seniman film itu berprilaku Islami dalam semua hal. Misalnya, ketika bulan puasa mereka tetap aktif puasa semuanya. Malam hari mereka isi dengan tarawih berjamaah, sahur dan berbuka puasa di lokasi syuting. Bahkan pagi hari mereka mengadakan kuliah subuh. Sehingga gema dan syiar Ramadhan tidak


Terlewatkan begitu saja hanya alasan sibuk bekerja di lokasi syuting. Bahkan kalau perlu mendatangkan para ustaz yang secara bergilir memberi pelajaran dan siraman rohani ke lokasi. Bahkan hebatnya lagi, meski di luar ramadhan, mereka pun tidak ada yang merokok apalagi minum khamar.


Karena akan menjadi lucu kalau sebuah film yang judulnya saja sudah dakwah, tapi saat-saat pembuatan filmya, para krunya tidak pernah shalat, saat Ramadhan tidak puasa, kerjanya main ke diskotik dan campur baur dengan wanita penghibur. Walhasil, nilai dakwahnya hilang sebelum film itu sendiri selesai dibuat. Allah SWT berfirman:


"Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan." (QS. Ash-Shaff: 2-3)


8. Sponsor


Idealnya, sebuah film Islami dispansori oleh perusahaan yang produknya baik dan tentu saja harus halal. Kita tidak bisa membayangkan kalau membuat film dakwah tapi sponsornya pabrik bir atau rokok. Sehingga terjadi kontradiksi antara isi tayangan dengan sponsornya.


Dan tentu masih banyak detail-detail lainnya yang harus dibicarakan terlebih dahulu dalam produksi sebuah film Islami. Agar jangan sampai niat yang baik itu menuai/ panen kritik dari kalangan muslim sendiri.


Karena itu minimal sebuah produksi film Islami itu harus memiliki konsultan syariah yang bekerja secara serius membicarakan adegan demi adegan sehingga betul-betul mencerminkan sebuah film dakwah.


9. Konsultan Syariah


Karena itu minimal sebuah produksi film Islami itu harus memiliki konsultan syariah yang bekerja secara serius membicarakan adegan demi adegan sehingga betul-betul mencerminkan sebuah film dakwah. Tidak cukup hanya sekedar simbolisme dengan lembaga ulama, namun sejak awal ide cerita itu dibuat, sudah


Menuju Kepada Pembuatan Film yang Ideal


Semua yang tadi diungkap tentu tidak bisa lahir dan terwujud dengan sendirinya, namun perlu diupayakan penumbuhannya secara baik dan terencana baik jangka pendek maupun jangka panjang.


Kita bisa melakukan dua kerja sekaligus yang berjalan dengan simultan. Pertama, yaitu `mengIslamkan` orang-orang film. Maksudnya melakukan loby, pendekatan dan juga pembinaan kepada insan-insan perfilman termasuk kepada para produser dan penyandang dana. Kepada mereka perlu disadarkan bahwa sebuah film itu bisa menjadi sarana amal untuk mendapatkan pahala di akhirat, asal dilakukan sesuai dengan kaidah dan koridor syariah.


Beberapa insan perfilman sudah mulai menyadari ini dan mulai berpikir untuk mencari pahala melalui film. Beberapa di antara mereka ada yang sudah sampai pada komitmen untuk tidak berkarya kecuali hanya yang sesuai dengan Islam. Sebagian lagi ada yang sudah merasa perlu bervisi agama meski karyanya belum sepenuhnya sesuai dengan koridor.


Namun intinya, barisan ini perlu mendapat perhatian dan pembinaan. Tentu saja pendekatan kepada para seniman ini punya gaya dan seni tersendiri yang tidak terlau mirip dengan pendekatan kepada khalayak umum.


Yang kedua, kita perlu mengkader tunas-tunas da`i muda untuk bisa belajar dan terjun ke dunia tersebut dengan tujuan, pola, arahan, evaluasi dan gerakan yang berirama. Baik untuk menjadi penulis cerita, sutradara, pemain, kru atau lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa pertemuan dua dunia yang berbeda itu pastilah menimbulkan friksi di sana sini. Akibat jauhnya dua kutub itu selama ini.


Juga perlu diperhatikan jangan sampai seorang da`i yang tadinya sholeh dan baik, tapi akibat salah bergaul dengan 'orang-orang film' malah menjadi semakin jauh dari visi dan misi Islamnya. Jangan sampai tujuan yang mulia di awalnya itu malah melahirkan kader baru di dunia yang tidak baik tersebut.


Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu `alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Ahmad Sarwat, Lc


Sumber: http://www.eramuslim.com/ustadz/dll/8408110604-film-islami-sesuai-syariat-islam.htm

Kru Film "Ketika Cinta Bertasbih" Hadir di Mesir

"Siapa yang pernah minum sungai Nil, maka akan datang lagi ke Mesir berkali-kali". Pepatah ini terbukti pada Habiburrahman El-Shirazy —Kang Abik. Dua bulan yang lalu, Kang Abik datang ke Mesir bersama rombongan IKAPI dan Tapak Tilas Ayat-Ayat Cinta, kemaren, Rabu (16/04) beliau membawa kru film "Ketika Cinta Bertasbih" (KCB) ke Mesir. Tentu saja kedatangan mereka, tidak disia-siakan oleh para mahasiswa Indonesia Mesir (Masisir) untuk berdialog. Maka Rafi'i Travel Group mensponsori acara "SARASEHAN Bersama Kru Film Ketika Cinta Bertasbih" di Wisma Nusantara.


Acara yang dimoderatori oleh Nidlol Masyhud, Lc., itu, mulai ba'da Maghrib. Di depan ratusan Masisir, hadir Dani, produser dari SinemArt; Chairul Umam, sutradara film KCB; Imam Tantowi, penulis skenario; Kang Abik, penulis novel KCB; Umar Lubis, artis blasteran Indonesia-Mesir, dan beberapa kru film KCB.


"Rombongan kami sebanyak dua puluh orang", ujar produser SinemArt tampil sebagai pembicara pertama, "tujuan kami ke sini untuk hunting film KCB sekaligus mengusahakan agar bisa shooting di Mesir." Ia juga menjelaskan bahwa mereka berada di Negeri Seribu Menara selama sepuluh hari.


Chairul Umam, sambil melihat jam tangannya, beliau berkata, "Saya tidak bisa ceramah. Ditambah lagi, sangat ngantuk. Betul di sini, ba'da maghrib, tapi ini waktu saya tidur di Indonesia. Sebaiknya, kita dialog saja!"


"Sembilan puluh delapan persen, skenario sudah saya tulis", pembicara ketiga, Imam Tantowi, mulai bicara, "namun, setelah menyaksikan langsung sungai Nil, banyak ide yang bermunculan dalam otak saya, untuk mengubah naskah saya itu!"


Setelah mereka bertiga bicara, Nidlol langsung membuka acara dialog sekaligus tanya jawab. Para peserta banyak mengangkat tangan. Satu persatu, mereka dipersilahkan oleh moderator untuk menyampaikan saran, masukan, dan pertanyaan.


"Belajar dari kegagalan MD Picture shooting Ayat-Ayat Cinta di Mesir", kata Dani untuk menjawab pertanyaan kesiapan SinemArt dalam membuat film KCB di Mesir, "selain kami menempuh prosedur dan memenuhi ketentuan yang berlaku, kami juga meminta Umar Lubis, agar membantu kami melakukan lobi-lobi di Mesir. Yang jelas, kami telah menghubungi pihak kedutaan Mesir di Jakarta!"


Chairul Umam, menegaskan bahwa KCB, bukan hanya film religius, melainkan sebagai film dakwah. Beliau juga menceritakan beberapa film yang pernah dibesutnya, diantaranya: Alkautsar, Titian Serambut Dibelah Tujuh, Nada dan Dakwah, Fatahillah, dan yang lainnya.


Sedangkan Imam Tantowi, mengatakan, "Saya semaksimal mungkin, ingin membuat skenario yang sama persis dengan novelnya!" Kemudian beliau, menjelaskan perkembangan dunia perfilman di Indonesia.


Karena banyak pertanyaan yang ditujukan —terutama tentang film Ayat-Ayat Cinta (AAC)— kepada Kang Abik, maka beliau berbicara. Sebagai penulis novel AAC, beliau telah berusaha sekuat tenaga agar film itu sesuai dengan novelnya. Hanya saja, beliau tidak memungkiri bahwa film ACC ada banyak kekurangan, meskipun cukup booming di Indonesia, hingga Asia Tenggara. Oleh sebab itu, dalam membuat KCB ini, Kang Abik ikut serta dalam menentuan pemain, skenario, dan yang lainnya. Dihadapan para mahasiswa Al-Azhar, beliau berpesan, "Sudah saatnya, kita melakukan amal jama'i dan berusaha membuat sunnah hasanah —trend setter— dan saya sangat sedih, jika ada alumni Al-Azhar justru ikut-ikutan dengan trend yang ada, secara pragmatis, tanpa memperjuangkan idealisme keislaman!"


Umar Lubis —bintang film sinetron, putra staff KBRI Mesir, Nabila— ikut tampil bicara. "Saya, insya Allah, akan berusaha, film KCB, bisa shooting di sini. Dan saya berpesan, kepada teman-teman mahasiswa Indonesia Mesir, jadilah kalian duta-duta budaya di sini!"


Dalam acara Sarasehan itu, terlihat Al-Ustadz Abu Ridho, sebagai konsultan keagamaan untuk membuat film KCB. Ini sangat penting, agar film KCB sesuai dengan ajaran Islam, seperti di dalam novelnya dan benar-benar sebagai film dakwah.


Sebelum acara ditutup, tampillah Da'i Nada --group nasyid acapella Masisir yang telah masyhur di Timur Tengah, bahkan telah muncul di 20 channel televisi internasional-- untuk menghibur para peserta. Pukul 23:00 waktu Kairo, acara Sarasehan berakhir. (udo yamin majdi)


Sumber: http://udoyamin.multiply.com/journal/item/84/Kru_Film_Ketika_Cinta_Bertasbih_Hadir_di_Mesir

Kamis, 17 April 2008

Barak Obama, "Saya Akan Melakukan Apapun untuk Israel"



Kandidat presiden AS dari Partai Demokrat Barak Obama kembali menegaskan dukungan penuhnya terhadap Israel. Ia megatakan, jika terpilih sebagai presiden, ia akan sekuat tenaga membantu Israel dari ancaman apapun dan akan menolak semua resolusi anti-Israel di PBB.


Menurut para juru kampanyenya, Obama mengungkapkan hal tersebut dalam kunjungan ke sebuah sinagog di Philadelphia. Pada para pendukungnya di sana, Obama menyatakan bahwa dirinya adalah sahabat bagi komunitas Yahudi dan Israel.


"Sebagai presiden, saya akan melakukan apapun yang saya bisa untuk membantu melindungi Israel... Kami yakinkan bahwa Israel bisa mempertahankan diri dari setiap serangan, apakah itu datang dari tempat sedekat Ghaza atau sejauh Teheran, " kata Obama seperti dikatakan para juru kampanyenya.


Ia menolak disebut bahwa dukungannya terhadap Israel bermotifkan politik, tapi karena "keunikan posisinya" untuk membantu Israel.


Ditanya soal status Yerusalem- wilayah Palestina yang dirampas Israel pada masa perang Arab-Israel tahun 1967-Obama menyatakan bahwa ia menyerahkan keputusannya pada pihak-pihak yang terkait. Namun ia menegaskan bahwa mengembalikan status Yerusalem seperti pada masa sebelum perang tahun 1967, merupakan pilihan yang tidak bisa diterima. Obama sekali lagi menegaskan, bahwa Israel harus tetap menjadi negara Yahudi serta menolak hak kembali warga Palestina ke tanah airnya. (ln/al-arby)


Sumber: http://www.eramuslim.com/berita/int/8417164852-barak-obama-quotsaya-akan-melakukan-apapun-israelquot.htm

Misteri Kunci Ka'bah, Umat Islam Wajib Mengembalikannya ke Tempat Semula



Saleh Al-Shaybi, orang yang diserahi tanggung jawab untuk menjaga Ka'bah, menghimbau Muslim yang kaya di seluruh dunia untuk membantu mengembalikan kunci Ka'bah yang terjual seharga 18 juta dollar di balai lelang Sotheby, London sepekan yang lalu.


Shaybi dan nenek moyangnya telah mengemban tugas menjaga Ka'bah sejak berabad-abad yang lalu. Ia mengatakan, kunci Ka'bah yang berusia 800 tahun itu kemungkinan dicuri, meski tidak diketahui apakah kunci yang terjual di balang lelang itu palsu atau asli.


Sejumlah kalangan di Arab Saudi bereaksi setelah membaca pemberitaan di media massa tentang terjualnya kunci Ka'bah tersebut. Sejarahwan Saudi, Hani Fairouzi mempertanyakan bagaimana kunci Ka'bah bisa dicuri. Ia mengatakan, pencurian itu bukan tindakan kriminal biasa, tapi bisa dibilang sebagai perampokan terhadap masyarakat secara keseluruhan.


"Sungguh menyedihkan, ketika tahu ada warisan sejarah yang tak ternilai harganya telah diselundupkan dari tempat di mana benda itu seharusnya berada. Dengan segala hormat dan penghargaan pada Saleh Al-Shaybi, saya ingin mengatakan bahwa para penjaga Ka'bah juga bertanggung jawab atas kunci-kuncinya, " kata Fairouzi.


Ia juga meminta pihak berwenang di Kerajaan Saudi untuk melakukan penyelidikan. "Jika kunci Ka'bah saja bisa diselundupkan, benda-benda bersejarah lainnya kemungkinan bisa bernasib sama. Faktanya, kunci itu dipercayakan Rasulullah pada keluarga Shaybi, keluarga yang paling bertanggung jawab dibandingkan dengan lainnya. Adalah kewajiban umat Islam di dunia, termasuk Kerajaan Saudi untuk mengembalikan kunci itu ke tempat asalnya, " tukas Fairouzi.


Menurutnya, Organisasi Konferensi Islam, Liga Muslim Dunia dan asosiasi-asosiasi Islam lainnya harus bekerjasama untuk mengembalikan kunci Ka'bah tersebut. Fairouzi juga meminta UNESCO ikut turun tangan untuk menghentikan pencurian benda-benda budaya dan benda-benda yang dilihat dari sisi keagamaan, sangat penting.


Penulis Saudi Al-Okayl ikut berkomentar. Ia menyatakan ada kontradiksi dalam pernyataan Al-Shaybi. "Dia tidak bisa memastikan apakah kunci itu hilang. Tapi ia menginginkan kunci itu dikembalikan, " kata Okayl.


Okayl berpendapat, keberadaan kunci-kunci Ka'bah seharusnya dicatat dengan baik, sehingga jika ada yang hilang bisa langsung terdeteksi. "Pencuri yang mengambil kunci Ka'bah akan melakukannya, setelah tahu nilai dan arti penting benda itu. Tujuannya, tentu saja untuk mendapatkan uang, " ujar Okayl.


Okayl sependapat bahwa umat Islam wajib mengembalikan kunci itu ke tempatnya semula. "Kalau pemiliknya sekarang minta harga yang tinggi, umat Islam bisa mengumpulkan dananya bersama-sama. Besar kemungkin, kunci itu dibeli oleh seorang Muslim. Tapi bisa muncul orang lain yang mengklaim punya kunci Ka'bah yang lain. Jadi, harus benar-benar diteliti, setiap upaya yang ingin mengeksploitasi sentimen umat Islam, " tukas Okayl. (ln/arabnews)


Sumber: http://www.eramuslim.com/berita/int/8417113208-misteri-kunci-ka039bah-umat-islam-wajib-mengembalikannya-ke-tempat-semula.htm