Rabu, 05 Agustus 2009

Nasib Wikipedia Diprediksi Suram


Ilustrasi (Ist.)

Jakarta - Wikipedia dinilai sudah tak sehebat saat usianya muda dulu. Para ahli pun memprediksi, nama besar ensiklopedi online ini akan mulai luntur.

Sebuah hasil studi yang dilakukan para peneliti dari Palo Alto Research Center di California lah yang mengungkapkan hal itu lewat penelitian yang mereka lakukan. Lalu apa penyebab dari kelunturan nama besar Wikipedia?

Ternyata, goyangnya kebesaran situs ensiklopedi yang menjadi acuan orang-orang di seluruh penjuru dunia ini tak lepas dari penurunan kualitas konten di dalamnya. Para peneliti menemukan fakta bahwa jumlah pengeditan yang dibuat di Wikipedia setiap bulannya telah berhenti meningkat, disusul dengan jumlah editor aktifnya.

Wikipedia memang didirikan dengan sistem yang memungkinan setiap orang bisa menambahkan atau mengurangi konten yang ada di dalamnya. Namun, semua itu masih dalam pengawasan editor-editor situs ensiklopedi tersebut yang dianggap sudah tidak 'ramah' dengan kedatangan editor baru.

Nah, rupanya inilah yang menyebabkan jumlah editor mereka bergeming. Dan selain jumlahnya yang tidak bertambah, keaktifan mereka dalam mengedit juga tidak segencar dulu.

Dilansir detikINET dari EconomicTimes, Kamis (6/8/2009), peneliti ini menyatakan bahwa jumlah artikel yang ditambahkan perbulannya mentok di angka 60.000 di tahun 2006, dan menurun sepertiganya setelah itu. Sedangkan jumlah pengeditan dan jumlah editornya juga mentok di kisaran angka 5,5 juta dan 750.000.
( sha / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar