Sabtu, 28 Maret 2009

Badawi Undur Diri Dari PM Malaysia 2 April


Malaysia - Detik-detik pergantian kepemimpinan Abdullah Ahmad Badawi di Malaysia terus berlanjut. Setelah secara resmi menjadi presiden UMNO dalam Kongres Nasional UMNO yang berakhir 28 Maret 2009 kemarin, Najib Tun Razak dipastikan akan menduduki kursi Perdana Menteri Malaysia dalam waktu dekat.

Pergantian kepemimpinan di negeri Petronas tersebut akan belangsung setelah Badawi menghadap Raja Malaysia Yang Dipertuan Agung, Mizan Zainal Abidin untuk mengundurkan diri dari kursi Perdana Menteri. Badawi direncanakan akan menghadap pada Kamis 2 April 2009.

Mantan Presiden UMNO itu mengatakan, tanggal penyerahan kursi perdana menteri secara rasmi kepada Najib akan ditentukan setelah mendapatkan restu dari raja.

"Saya akan menghadap Yang Dipertuan Agung 2 April ini untuk menyampaikan
hasrat untuk melepaskan tanggungjawab sebagai perdana menteri. Jika mendapat restu dari raja, tanggal resminya untuk mengadakan prosesi serah kuasa akan ditentukan kemudian, " kata Badawi sebagaimana dilansir kantor berita Bernama, Minggu (29/3/2009).

Badawi mengatakan, dirinya bersuka cita menyerahkan tanggungjawab kepemimpinan UMNO kepada Najib dan mendoakan UMNO dibawah kepemimpinan yang baru, selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT.

Badawi menjabat sebagai presiden UMNO pada 31 Oktober 2009 dan Perdana Menteri Malaysia sejak 2004 setelah partai terbesar koalisi Barisan Nasional tersebut menang dalam pemilu.

Sedangkan Najib resmi sebagai presiden baru UMNO melalui pengangkatan tanpa pemilihan dalam Kongres Nasional UMNO yang berlangsung sejak 24-28 Maret 2009 di Kuala Lumpur. Lebih dari 2.500 anggota UMNO turut serta memilih dewan pimpinan yang terdiri dari presiden, deputi presiden, tiga wakil presiden, 25 anggota dewan agung, dan ketua organisasi-organisasi sayap kepemudaan dan perempuan UMNO.

(rmd/gus)

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2009/03/29/112909/1106630/10/badawi-undur-diri-dari-pm-malaysia-2-april

Tidak ada komentar:

Posting Komentar