Kamis, 07 Agustus 2008

Gerhana Bulan akan Terjadi Pada 17 Agustus 2008

MALANG - Gerhana bulan bakal mewarnai hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2008. Gerhana bulan tersebut akan berlangsung sekitar tiga jam sembilan menit.

Menurut pakar falakiyah, Gus Shofiyatulloh yang juga pengasuh Pondok PPesatren Miftahul Huda, Kabupaten Malang, Jawa Timur, gerhana bulan itu terjadi karena bulan berada pada posisi di belakang bumi. ''Meski berada pada posisi di belakang bumi, gerhana bulan itu tidak total. Hanya sebagian saja. Sebab, yang mengalami gerhana hanya sekitar 81 persen,'' jelas Gus Shofiyatulloh.

Alasannya, karena posisi bulan melewati bayangan inti bumi. Bulan itu possisinya terdapat di belakang bumi, masuk bayangan inti bumi. Itu mulai sekitar pukul 02.36 WIB sampai pukul 05.45 WIB.

oleh karena itu, kata dia, jika ingin melihat kejadian alam yang langka, seperti gerhana bulan bisa dilakukan 17 Agustus 2008. ''Kejadian gerhana itu akan berlangsung cukup lama, tiga jam lebih,'' jelasnya.aji/ya

Sumber: http://www.republika.co.id/launcher/view/mid/19/news_id/3218

3 komentar:

  1. Klo di Perth gimana Om...gerhana ngaa...kita punya teropong niiih...emang gerhana bisa diliat teropong gitu *ngga tau juga...bkn pakar bintang..^_*

    BalasHapus
  2. wah.. siang sampe sore hari. kelihatan nggak, ya???

    BalasHapus