Minggu, 29 Juni 2008

Emirat Terbesar

DUBAI atau Dubayy umumnya menunjuk ke satu dari tujuh emirat yang membentuk Uni Emirat Arab di Jazirah Arab. Atau kota utama dari emirat di atas. Kadang-kadang disebut Kota Dubai untuk membedakannya dengan emirat di atas.


Penguasa Dubai adalah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, yang juga Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab. Putra ketiga Syeikh Rasyid bin Said Al Maktoum ini dilahirkan tahun 1949.


Sejak usia empat tahun, Syeikh Mohammed menjalani pendidikan privat bahasa Arab dan studi Islam. Dia lah yang menjadikan Dubai kota kosmopolitan pertama di jazirah Arab, lengkap dengan berbagai properti yang mengagumkan.


Dalam federasi emirat, Dubai menjadi kedua terbesar setelah Abu Dhabi. Emirat ini terletak di Teluk Persia, barat daya Sharjah dan timur laut Abu Dhabi. Kota Hatta adalah sebuah enclave dari emirat Dubai dan berbatasan dengan Al Wajajah, Oman.


Dubai berbeda dengan anggota UAE lainnya karena pendapatan dari minyak hanya 5 persen dari PDB-nya. Sebagian besar pendapatan emirat ini berasal dari kawasan ekonomi bebas Jebel Ali dan dari turisme.


Kota ini menjadi modern sejak 9 Juni 1833 dengan tokoh utama pembangunnya Maktoum bin Bati bin Suhail. Kemudian menyatukan diri dalam Uni Arab Emirate pada 2 Desember 1971 dengan enam emirate lain.(xna/wkp)


Sumber: http://tribunjabar.co.id/artikel_view.php?id=12732&kategori=17

4 komentar: