Sabtu, 10 Januari 2009

Iran Minta Ketegasan Sikap Mesir Soal Serangan Israel



(AFP)

Tehran - Iran meminta ketegasa sikap Mesir soal serangan Israel ke Palestina. Iran menilai Mesir seakan-akan menjadi partner Israel dalam agresinya ke Jalur Gaza.

"Saat ini telah terdengar dalam pertemuan-pertemuan politik negara Barat bahwa pemerintah Mesir merupakan partner dalam kejahatan yang terjadi di Gaza," ujar Ahmadinejad seperti dilansir Reuters yang mengutip Mehr News Agency, Sabtu (10/1/2009).

Mesir merupakan satu-satunya negara Arab yang berbatasan dengan Jalur Gaza. Negara ini telah menjadi sasaran protes kalangan garis keras di Iran karena dianggap tidak cukup membantu warga Palestina yang tengah diserang oleh Israel.

Pada tingkat tertentu, Mesir justru menyalahkan Hamas untuk kekerasan yang terjadi. Mesir menilai Hamas gagal memperbaharui perjanjian gencatan senjata dengan Israel.

Saat ini Mesir bersama negara-negara Eropa tengah mengupayakan mediasi untuk konflik yang telah merenggut 821 nyawa warga Palestina dan 13 warga Israel tersebut. "Saya percaya bahwa saat ini rezim Zionis (Israel) telah menemukan partner untuk tindak kejahatannya," lanjut Ahmadinejad.

"Karena itu, saya meminta pejabat Mesir untuk secepatnya menegaskan sikap mereka terhadap negara Palestina, khususnya dalam hal penduduk Jalur Gaza dan kejahatan yang dilakukan oleh rezim Zionis," imbuhnya.

Sementara itu Israel menuduh Iran memasok senjata ke Hamas. Namun Iran menegaskan pihaknya hanya memberikan bantuan moral, finansial, dan kemanusiaan kepada Palestina yang menjadi sekutunya.

Pada Kamis lalu pemimpin tertingg Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan beberapa pemerintah negara Islam di kawasan Timur Tengah telah bersalah karena tidak melakukan upaya lebih untuk menghentikan agresi Israel ke Gaza. Ahmadinejad memperkuat pandangan Khamanei dengan seruannya.

"Putuskan hubungan kalian dengan rezim Zionis. Boikot rezim ini. Jangan beri mereka kesempatan untuk mempengaruhi kalian," serunya.(sho/sho)

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2009/01/11/060341/1066273/10/iran-minta-ketegasan-sikap-mesir-soal-serangan-israel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar