Kamis, 27 Maret 2008

Media Prancis Ingatkan Sarkozy untuk Jaga Sikap Saat Bersama Ratu

Kamis, 27 Maret 2008 6:21:00


Paris-RoL-- Media Prancis menyerukan agar Presiden Nicolas Sarkozy menjaga sikap saat melakukan kunjungan kenegaraan selama dua hari ke Inggris.


Sarkozy tiba di London dengan istri barunya, Carla Bruni, Rabu pagi, dan makan siang dengan ratu yang akan mengadakan jamuan sambutan makan malam kehormatan pada malam harinya.


"Hindari gelisah berlebihan saat di kereta (kerajaan)," tulis suratkabar Le Monde.


Koran itu juga menganjurkan agar Sarkozy sebaiknya tidak menjawab panggilan Ponselnya di hadapan ratu, memakai kacamata hitam atau melihat arloji Rolex-nya -- kecuali dalam keadaan darurat.


Sarkozy terlihat memeriksa pesan di Ponsel saat bertemu dengan Paus Benediktus pada tahun lalu dan semakin dikecam di Prancis karena gaya hidupnya yang mirip pesohor dan terkadang bersikap tidak lazim.


Hasil jajak pendapat mengenai dirinya melonjak turun dalam bulan-bulan terakhir, dan beberapa koran Prancis menilai kunjungan kenegaraan ke Inggris adalah kesempatan yang tepat untuk meningkatkan reputasinya.


"Jangan mendahului berbicara dengan ratu...jangan bertanya hal-hal pribadi...jangan sentuh dia...jangan berjalan di depan dia...jangan merokok di depan dia...jangan mengeluh...jangan beranjak lebih dulu dari meja (sebelum ratu)," tulis Le Parisien.


Pendahulu Sarkozy, Jacques Chirac, dituduh pers Inggris melakukan kesilapan pada tahun 2004 karena menyentuh ratu di pundak saat mengantar penguasa kerajaan itu ke kendaraan.


Walaupun kelakuan Sarkozy akan diamati dari secara cermat, tapi sosok yang pasti akan paling banyak diawasi adalah pengantin barunya, -- supermodel-yang-jadi-bintang pop, Carla Bruni.ant/fif


Sumber:http://www.republika.co.id/online_detail.asp?id=328081&kat_id=248

Tidak ada komentar:

Posting Komentar