Senin, 31 Maret 2008

Ibu dan Anak Dibunuh

Senin, 31 Mar 2008,

Mayatnya Tergeletak di Ruang Tamu, Penuh Tusukan
SURABAYA - Kasus pembunuhan kembali terjadi di wilayah hukum Polres Surabaya Selatan. Ibu dan anak, Veronica Madia Indria Tjahjati, 57, dan Devi Puspita Sutedia, 24, tewas mengenaskan di rumahnya, Babatan Pratama Blok N-7, kemarin (30/3).

Tubuh keduanya ditemukan tergeletak bersimbah darah di lantai ruang tamu di depan kamar tidur Devi. Bekas bacokan dan tusukan senjata tajam terlihat di beberapa bagian tubuh kedua korban.

Siku kiri Veronica nyaris putus dan di dadanya terdapat satu tusukan. Di sebelah jasad Veronica yang telentang di lantai, tergolek jasad Devi dengan tujuh luka tusukan di dada serta perut.

Veronica merupakan mantan karyawan sebuah pabrik farmasi yang sehari-hari menjadi ibu rumah tangga. Devi, anaknya, bekerja sebagai operator telepon di Hotel Shangri-La.

Tidak ada tanda-tanda perampokan dalam kejadian tersebut. Dua kamar di rumah itu memang acak-acakan, namun tidak ada barang yang hilang dari rumah tersebut, selain ponsel milik Devi dan Veronica. Pintu serta jendela rumah juga tidak rusak. Karena itu, diduga pelaku masuk rumah dengan cara baik-baik.

Berdasar informasi yang dihimpun Jawa Pos, jasad Veronica dan Devi kali pertama ditemukan pukul 05.30 oleh Denok, wanita 45 tahun yang merupakan tukang antar-jemput Devi. Kepada petugas, Denok mengaku sehari sebelumnya sudah dipesan Devi untuk menjemput pada Minggu pagi.

"Waktu saya antar pulang Sabtu (30/3) siang, Devi minta dijemput karena keesokannya (kemarin, Red) harus kerja," katanya kepada petugas.

Karena sudah berjanjian, Denok datang sesuai permintaan Devi. "Awalnya, saya curiga karena melihat pagar rumah sudah tak terkunci," ungkapnya.

Selain itu, Denok melihat jendela rumah dalam keadaan terbuka. Kecurigaan dia bertambah ketika ponsel Devi mailbox. "Tak seperti biasanya," katanya.

Khawatir terjadi apa-apa, Denok menghubungi Budi, satpam perumahan setempat. Kecurigaan tersebut terbukti. Denok dan Budi melihat ibu serta anak itu tergeletak dengan kondisi mengenaskan. Budi lalu melapor ke polisi.

Polisi langsung melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara). Tak lama kemudian, mereka menemukan sebilah pisau dapur sepanjang setengah meter penuh darah yang dibungkus kain. Pisau itu ditemukan di belakang rumah yang sehari-hari berfungsi sebagai tempat jemuran.

Awalnya, polisi menyangka bahwa yang dibunuh kali pertama adalah Devi. "Dalam pembunuhan, kami selalu mencari motif," ujar seorang penyidik.

Sekilas, Devi jelas punya alasan lebih banyak untuk dibunuh daripada Veronica. "Logikanya, siapa sih yang mau membunuh nenek-nenek yang sudah tak berdaya," ungkap seorang petugas yang ikut menangani kasus tersebut setengah bercanda.

Namun, hasil otopsi tim dokter RSU dr Soetomo menunjukkan hal lain. Ternyata yang dibunuh lebih dulu adalah Veronica. "Tim dokter menemukan, yang mati lebih dulu Veronica. Berarti, sasaran utamanya adalah Veronica," tegasnya.

Hasil otopsi itu juga menunjukkan senjata yang digunakan untuk membunuh. "Tampaknya, ada dua senjata. Yang pertama adalah pisau dapur yang ditemukan di tempat jemuran. Satunya lagi adalah parang yang hingga kini belum ditemukan," jelasnya.

Hal itu diketahui setelah tim dokter menyimpulkan bahwa nyaris putusnya siku kiri Veronica tak mungkin disebabkan oleh pisau dapur. "Luka itu terjadi dalam satu sabetan. Dan hanya paranglah yang bisa membuat luka seperti itu dalam satu sabetan," katanya.

Kasatreskrim Polres Surabaya Selatan AKP Yimmi Kurniawan menuturkan, pihaknya belum bisa menyimpulkan kasus pembunuhan tersebut. "Kami masih meraba-raba. Yang jelas, kami telah memeriksa sejumlah teman dekat kedua korban itu," ungkapnya. Di antaranya, Jefri, seorang pria yang disebut-sebut sebagai pacar Devi. (ano/nw)

Sumber: http://www.jawapos.com/index.php?act=detail_c&id=333636

1 komentar: