Kamis, 27 Maret 2008

Obama Sepupu Pitt, Hilarry Kerabat Jolie

Kamis, 27 Mar 2008,

BOSTON - Ini mungkin bisa menjadi "hiburan" di tengah ketatnya persaingan para calon presiden AS jelang pemilu November mendatang. Senator Barack Obama disebut-sebut sebagai sepupu jauh aktor Brad Pitt. Senator Hillary Rodham Clinton disebut sebagai kerabat kekasih Pitt, aktris Angelina Jolie.

Itulah temuan peneliti dari Masyarakat Genealog Sejarah New England (New England Historic Genealogical Society) yang diumumkan Selasa (25/3) waktu AS atau kemarin (26/3) WIB. Para peneliti silsilah keturunan lembaga itu menemukan hubungan keluarga dan perkerabatan dari tiga capres AS, yaitu Obama dan Hillary dari Partai Demokrat, serta John McCain dari Partai Republik.

Menurut Christopher Child, pakar silsilah atau genealog dari lembaga tersebut, hingga ini para kandidat capres AS terfokus pada perbedaan di antara mereka. Padahal, asal-usul dan nenek moyang menunjukkan bahwa mereka lebih punya kemiripan ketimbang yang mereka pikirkan.

"Itu sekaligus menunjukkan, banyak orang yang berbeda ternyata mempunyai hubungan keluarga meski sebelumnya tak pernah diduga," kata Child.

Child menghabiskan tiga tahun terakhir untuk melacak silsilah para kandidat capres AS bersama Gary Boyd Roberts, pengarang buku Ancestors of American Presidents pada 1989.

New England Historic Genealogical Society, yang berdiri pada 1845, merupakan organisasi silsilah nirlaba terbesar dan tertua di AS.

Menurut lembaga tersebut, Hillary Clinton -yang keturunan Kanada-Prancis dari pihak keluarga ibu- juga sepupu jauh penyanyi Madonna, Celine Dion, dan Alanis Morissette. Selain itu, beberapa kerabat dan sepupu jauh Hillary adalah penulis. Termasuk pengarang Jack Kerouac dan Camilla Parker-Bowles, istri Pangeran Charles dari Inggris.

"Anda bisa pikir, dengan seluruh bakat menyanyi di keluarganya, dia (Hillary) mampu membawakan lagu. Makin masuk akal bagaimana dia bisa meraih Grammy," kata Philippe Reines, penasihat senior Hillary.

Hillary pernah merebut Grammy pada 1997. Saat itu, dia memenangi pidato terbaik yang berjudul It Takes a Village. Obama juga memenangi kategori sama pada 2007 untuk versi audio bukunya, The Audacity of Hope: Thoughts On Reclaiming The American Dream.

Berbeda dengan Hillary yang bersaudara dengan penyanyi dan pengarang, Obama malah ditemukan punya ikatan darah dengan enam (mantan) presiden AS. Obama beribu wanita kulit putih asal Kansas dan berayah pria kulit hitam keturunan Kenya. Salah satu di antara enam presiden AS itu adalah George W. Bush. Sebaliknya, McCain adalah sepupu generasi keenam first lady (ibu negara) saat ini, Laura Bush.

Obama memiliki garis keturunan dengan presiden, baik dari Demokrat maupun Republik. Selain George W. Bush, lima (mantan) presiden yang mempunyai kaitan darah dengan Obama adalah George H.W. Bush (Bush Senior), Gerald Ford, Lyndon Johnson, Harry S. Truman, dan James Madison. Selain mereka, tokoh-tokoh yang masih sepupu jauh Obama, antara lain, Wapres AS (saat ini) Dick Cheney, mantan PM Inggris Sir Winston Churchill, dan Jenderal pada masa Perang Sipil Robert E. Lee.

Ben LaBolt, Jubir kampanye Obama, menolak berkomentar soal silsilah tersebut. Namun, menurut Child, Obama sering bercanda tentang ikatan sepupu dengan Cheney saat kampanye. "Ikatan kekerabatan Obama melintasi spektrum politik," tutur Child.

Bagaimana Child menjelaskan hubungan keluarga Obama dengan Brad Pitt? Menurut dia, mereka sepupu generasi kesembilan melalui Edwin Hickman yang meninggal di Virginia pada 1769. Obama dan Presiden Bush adalah sepupu generasi kesepuluh, yang dihubungkan Samuel Hinkley, warga Cape Cod yang meninggal pada 1662.

Sedangkan Hillary dan Jolie adalah sepupu jauh generasi kesembilan. Ikatan darah di antara mereka terjadi melalui Jean Cusson, yang meninggal di St Sulpice, Quebec, Kanada, pada 1718.

Sayang, Child kesulitan menggali lebih banyak garis keturunan keluarga McCain. Dia menyebutkan, catatan silsilah keluarga kandidat capres dari Partai Republik itu tidak selengkap milik Obama dan Hillary. (AP/sha/dwi)

Sumber: http://www.jawapos.com/index.php?act=detail&id=10223

Tidak ada komentar:

Posting Komentar