Selasa, 22 Juli 2008

Batman Lampaui Rekor Spider-Man

LOS ANGELES - Kesuksesan The Dark Night yang diprediksikan sebelumnya terbukti. Film yang ditukangi sutradara Christopher Nolan itu menciptakan rekor baru dalam pemasukan tiket untuk film superhero.

Film yang memilih Christian Bale sebagai kesatria bertopeng tersebut mendulang USD 155,34 juta (setara Rp 1,4 triliun) di Amerika Serikat (AS) dalam pekan pertama rilis. Angka itu melampaui pemegang rekor sebelumnya, Spider-Man 3 yang berhasil mengumpulkan USD 151,1 juta (setara Rp 1,3 triliun) pada Mei 2007.

"Kami tahu film itu akan besar. Namun, kami tidak pernah mengharapkan bisa mendominasi pasar," ujar Dan Fellman, kepala distribusi Warner Bros., yang merilis The Dark Knight. "Film ini sepertinya bisa menghasilkan USD 200 juta (setara Rp 1,8 triliun) sampai akhir pekan ini," imbuhnya kepada Associated Press kemarin (21/7).

Menurut lembaga box office AS, Media By Numbers, film yang merupakan film terakhir aktor Heath Ledger tersebut mencatatkan penjualan tiket 21,94 juta lembar. Jumlah itu "hanya" kalah dua tiket dibandingkan dengan penjualan tiket saat Spider-Man 3 memulai rilis pada 2007. Tiket Spider-Man 3 saat itu laku 21,96 juta lembar. Tetapi, bila mengingat banderol tiket bioskop sudah naik menjadi rata-rata USD 7,08 (setara Rp 65 ribu) dari USD 6,88 (setara Rp 63 ribu) pada 2007, angka tersebut cukup fantastis.

Tak hanya itu, sepertinya, 4.366 teater yang menayangkan film tersebut tak cukup untuk menampung antusias masyarakat. Mereka yang tidak sabar menunggu atau mengantre tiket menjelajah situs eBay dan Craigslist untuk membeli tiket. Mereka tidak peduli bila harus membayar lima kali lipat dari harga normal.

Dikutip Reuters kemarin, item paling laku adalah tiket dari studio Imax. Film tersebut tayang pada 94 layar lebar bioskop Imax. Padahal, harga tiket yang dijual Imax bisa tujuh kali lipat harga normal. Rata-rata, lelang online untuk menonton The Dark Night di Imax sekitar USD 50 (setara Rp 457 ribu). Beberapa bahkan menjual USD 60 (setara Rp 548 ribu). Sebagian besar pembeli menawar USD 40 (setara Rp 365 ribu). "Setiap kursi pertunjukan laku terjual," kata Greg Foster, chairman dan presiden Imax. "Kami menambah pertunjukan sebanyak-banyaknya dan 100 persen kursi terus penuh."

Di eBay, penjualan item yang berhubungan dengan Batman meningkat. "Kami tidak pernah mengalami penawaran dan penjualan tiket film seramai ini sebelumnya," ujar salah seorang juru bicara eBay. Tercatat ada 23.000 item berbau Batman yang dipajang di eBay. Yang paling populer adalah figur Bale yang memerankan Bruce Wayne. (tia)
 

2 komentar:

  1. wah, sayang banget aku belum sempat nonton.
    kata teman-temanku memang lebih bagus dari sequel terdahulu ya

    BalasHapus
  2. oic.
    film super hero biasanya memang banyak disukai orang.

    BalasHapus