Kamis, 17 April 2008

Barak Obama, "Saya Akan Melakukan Apapun untuk Israel"



Kandidat presiden AS dari Partai Demokrat Barak Obama kembali menegaskan dukungan penuhnya terhadap Israel. Ia megatakan, jika terpilih sebagai presiden, ia akan sekuat tenaga membantu Israel dari ancaman apapun dan akan menolak semua resolusi anti-Israel di PBB.


Menurut para juru kampanyenya, Obama mengungkapkan hal tersebut dalam kunjungan ke sebuah sinagog di Philadelphia. Pada para pendukungnya di sana, Obama menyatakan bahwa dirinya adalah sahabat bagi komunitas Yahudi dan Israel.


"Sebagai presiden, saya akan melakukan apapun yang saya bisa untuk membantu melindungi Israel... Kami yakinkan bahwa Israel bisa mempertahankan diri dari setiap serangan, apakah itu datang dari tempat sedekat Ghaza atau sejauh Teheran, " kata Obama seperti dikatakan para juru kampanyenya.


Ia menolak disebut bahwa dukungannya terhadap Israel bermotifkan politik, tapi karena "keunikan posisinya" untuk membantu Israel.


Ditanya soal status Yerusalem- wilayah Palestina yang dirampas Israel pada masa perang Arab-Israel tahun 1967-Obama menyatakan bahwa ia menyerahkan keputusannya pada pihak-pihak yang terkait. Namun ia menegaskan bahwa mengembalikan status Yerusalem seperti pada masa sebelum perang tahun 1967, merupakan pilihan yang tidak bisa diterima. Obama sekali lagi menegaskan, bahwa Israel harus tetap menjadi negara Yahudi serta menolak hak kembali warga Palestina ke tanah airnya. (ln/al-arby)


Sumber: http://www.eramuslim.com/berita/int/8417164852-barak-obama-quotsaya-akan-melakukan-apapun-israelquot.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar