Jumat, 18 April 2008

Bayi Palestina Dibunuh Israel

GAZA - Aksi kekerasan di kota Gaza semakin intensif. Dalam serangan terakhir, Rabu (27/2) malam, pesawat udara militer Israel menghujani Kantor Pemerintah Hamas dengan roket. Seorang bayi lelaki berusia enam bulan, anak Nasser Al-Borai, warga Palestina, terbunuh dalam aksi kekerasan tersebut. Selain itu, 30 lainnya terluka.


Insiden tersebut bermula ketika pesawat tempur Israel menyerang Kantor Perdana Menteri (PM) Hamas Ismail Haniyeh dan Kantor Menteri Dalam Negeri. Dalam kejadian itu, petinggi-petinggi Hamas dan Haniyeh selamat. Mereka sudah bersembunyi demi menghindari aksi percobaan pembunuhan oleh Israel.


Departemen Kesehatan Palestina menyatakan, sebagian besar korban luka adalah warga sipil permukiman yang dekat kantor pemerintahan tersebut. "Bayi yang menjadi korban itu meninggal karena terkena serpihan bom," kata salah satu petugas rumah sakit.


Menurut kesaksian salah satu petugas militer Palestina, 40 roket ditembakkan Israel. Selain Gaza, kota Ashkelon yang terletak 9,6 kilometer utara perbatasan Gaza, sekaligus rumah sakit pusat kota, tidak luput dari serangan. Untung, tidak ada korban di dua lokasi tersebut.


Sejatinya, aksi Israel itu merupakan balas dendam setelah Hamas menyerang Sekolah Tinggi Sapir di kota Sederot, Israel, Rabu (27/2) pagi. Hamas mengklaim bertanggung jawab atas serangan roket yang membunuh seorang siswa itu.


Namun, tindakan Hamas itu dilakukan beberapa jam setelah dua serangan udara Israel membunuh tujuh orang di Gaza. Termasuk, dua komandan tinggi pada operasi roket Hamas. Aksi saling serang itu membuat warga sipil yang menjadi korban murka.


Meski demikian, petinggi Israel sepertinya tidak berniat mengurangi serangan. "Saya rasa kita tak harus menunjukkan belas kasihan kepada siapa pun yang mau membunuh kita," kata Menteri Kabinet Israel Meir Sheetrit kemarin. (AP/tik/tia)


Sumber: http://www.jawapos.com/index.php?act=detail_c&id=336875

2 komentar: