Jumat, 18 April 2008

Film Islami yang Sesuai Syariat Islam

Film tidak termasuk kategori ritual, melainkan media yang bersifat muamalah. Dan secara prinsip dalam masalah muamalah, tidak ada ketentuan tertentu yang menjadi aturan main. Berbeda dengan ibadah ritual yang punya syarat, rukun, wajib, serta kesunnahan.


Film adalah sebuah media informasi yang bisa saja menjadi halal hukumnya, bahkan wajib atau sunnah untuk dibuat. Namun film juga bisa menjadi haram untuk dibuat atau ditonton.


Tentu saja kita tidak bisa main hantam kromo mengharamkan film secara membabi buta. Tidak bisa diterima akal sehat kalau kita pukul rata bahwa semua film itu haram, dengan alasan karena Rasulullah SAW dahulu tidak pernah berdakwah dengan film.


Namun kita pun tidak bisa juga pukul rata untuk mengatakan bahwa semua film itu halal dan layak untuk dibuat. Bahkan trend yang kita rasakan, jauh lebih banyak film yang tidak layak untuk dibuat dan ditonton, ketimbang yang layak.


Semua itu karena seni pembuatan film masih didominasi insan perfileman yang tidak terbina keIslamannya dengan kadar yang cukup. Banyak dari mereka (mohon maaf) yang beragama hedonisme, menghalalkan kenikmatan duniawi tanpa batas norma agama. Itu adalah realitas, meski kita juga tidak bisa -sekali lagi- main pukul rata.


Istilah FIlm Islami dan FIlm Syar'i


Mungkin kami tidak akan menggunakan istilah film Islami atau syar'i, karena alasan tertentu. Tapi rasanya kami lebih nyaman menggunakan istilah film 'layak tonton' bagi umat Islam.


Rasanya masih agak terlalu jauh untuk menyebutkan istilah film Islami, apalagi film syar'i. Karena ada banyak kekurangan yang sulit ditutup begitu saja, terlebih di tengah iklim perfilman kita yang dikelilingi oleh banyak kalangan yang masih jauh dari nilai Islam dan syariah.


Beberapa Faktor Penting


Apakah sebuah film layak tonton oleh seorang muslim, tentu sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Kebetulan sejak lebih beberapa tahun yang lalu, pertanyaan serupa pernah kami jawab di situs www.syariahonline.com. Alhamdulilah, ternyata kami masih punya file jawaban itu, jadi tidak ada salahnya kalau kami kutipkan di sini.


Intinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah film Islami, antara lain dalam pandangan kami adalah:


1. Cerita


Cerita sebuah film Islami tidak harus melulu tentang sejarah nabi atau para shahabat. Juga tidak harus film-film berbahasa Arab dengan kostum pemain memakai surban atau jubah arab serta dengan setting padang pasir. Namun cerita bisa saja tentang potret masyarakat dengan kehidupan nyata mereka sehari-hari yang dituturkan dengan cara yang menarik, segar dan kreatif serta artistik.


Untuk itu dibutuhkan ide-ide segar dari para penulis naskah yang tentunya harus punya kematangan dalam memahami ajaran Islam. Sehingga meski bertutur tentang keseharian, namun tetap lekat dan kental dengan dakwah dan visi Islam. Umat Islam perlu punya semacam lembaga pendidikan khusus untuk para penulis cerita Islami dan mereka harus dikenalkan dengan visi dan misi dari sebuah cerita yang bernuansa Islami.


Bahkan mereka perlu berlajar syariat Islam agar benar-benar paham apa yang akan mereka tulis.


Masyarakat tentu sudah bosan dengan cerita tidak masuk akal gaya sinetron Indonesia yang melulu tentang orang-orang kaya, mobil mewah, rumah megah dan mobil wah. Tapi isinya orang-orang jahat semua, karena tidak lepas dari selingkuh, pacaran, gossip, pelewengan dan terus terang saja: PERZINAAN!!. Semua itu justru tidak membumi karena tidak realistis dan cenderung ditinggalkan penonton.


Selain itu, penting juga untuk diperhatikan bahwa cerita yang Islami itu seharusnya jauh dari potret percintaan manusia lain jenis seperti pacaran atau hasrat-hasrat yang muncul antara laki-laki dan wanita. Jangan sampai judulnya bicara tentang orang betawi misalnya, tapi ceritanya masalah pacaran melulu.


Atau cerita tentang ustaz yang baik, tapi alur cerita tidak jauh dari para wanita-wanita cantik yang naksir dan kesengsem sama pak ustaz dan masing-masing saling berebut hatinya pak ustaz. Sehingga pokok cerita menjadi seolah cerita cintanya pak ustaz dengan para wanita cantik.


Apalagi ada adegan pak ustaz harus kencan dengan para wanita, atau naik mobil berdua saja atau makan di restoran berduaan. Ini jelas tidak Islami dan perlu dikritik. Karena biar bagaimana pun mereka bukan mahram sehingga tidak halal untuk berduaan walau di tempat umum.


2. Kostum dan Aurat Wanita


Meski sebuah cerita menuntut adegan atau peran tokoh antagonis atau yang tidak Islami, bukan berarti menampilkan wanita dan auratnya menjadi boleh.


Kalau pun harus muncul sosok wanta, maka seharusnya wanita yang menutup aurat dengan tidak mengekspose kecantikannya atau lemah gemulai sosoknya. Dan kalau ingin menggambarkan adanya wanita yang tidak menutup aurat seperti potret kebanyakan, maka harus diusahakan agar tidak menjadi center of interest dari sebuah adegan.


Yang lebih baik dan aman adalah film itu menampilkan sesedikit mungkin para wanita, karena khawatir fitnah yang akan muncul.


3. Akting


Sebuah film terkadang dituntut untuk menggambarkan hal-hal yang tidak Islami dan bernilai maksiat. Pertanyaannya adalah: Bisakah dibenarkan seorang muslim melakukan akting dan berpura-pura melakukan kemaksiatan atau kekufuran?


Jawabannya perlu dikupas dan dipilah terlebih dahulu. Misalnya adegan kemaksiatan itu adalah minum khamar, tentu saja tidak boleh menggunakan khamar sungguhan. Sebagaimana adegan membunuh manusia, tentu saja tidak boleh membunuh betulan.


Tapi bagaimana kalau adegan perkosaan, percumbuan atau perzinaan? Bolehkah melakukannya dengan lawan main yang non-mahram, meski hanya pura-pura?


Film-film Hollywood umumnya memberikan gambaran apa adanya, sehingga adegan seksual antara non-mahram pun selalu ada di setiap tayangan mereka, bahkan sudah menjadi sesuatu yang harus ada. Sebaliknya, karena dunia timur yang notabene kebanyakan muslimin ini hanya jadi pengekor barat, maka adegan-adegan tidak senonoh pun sering tampil di layar film Indonesia.


Bahkan beberapa waktu yang lalu, film-film tipe seperti inilah yang menghiasi hampir semua bioskop di Indonesia. Seolah-olah adegan seperti itu justru menjadi inti dari film meski jalan ceritanya tidak jelas.


Dalam film Islami dan bernilai dakwah, semua hal tersebut jelas tidak mungkin dibuat dan tidak boleh terlintas di benak para sineas muslim. Karena sejak awal semua tahu bahwa menampilkan adegan-adegan seperti itu meski tidak vulgar, justru memberi ruang kepada syetan untuk menggoda para penonton.


Minimal adegan itu telah membangkitkan khayal dan keinginan rangsangan meski pun misalnya hanya dalam bentuk suara di balik pintu kamar. Yang jadi inti masalah bukan ada adegannya atau tidak, tapi kesan yang ditimbulkan di benak para penonton itulah yang harus dijaga.


4. Sutradara


Sutradara adalah otak dari sebuah produksi film, karena itu kriteria sutradara untuk film yang Islami harus lebih diperhatikan. Sosoknya adalah mereka yang benar-benar paham dan punya visi yang Islami secara shahih dan syamil. Bukan sekedar mewarisi semangat Islam dari sisi keturunan atau lingkungan.


Sosok sutradara ini harus benar-benar orang yang aktif `mengaji` dalam arti yang sesungguhnya, agar penggambaran demi penggambaran yang dilakukannya tidak lepas dari koridor syar`i.


Peran sutradara memang sangat besar, bahkan ide cerita dasar dari sebuah naskah yang sudah sangat Islami, terkadang bisa berubah total ketika telah menjadi film. Dan dalam banyak kasus, hal itu memang seringkali terjadi.


Maka kalau sutradara itu bukan dari kalangan aktifis dakwah, kita sering merasa kecolongan dengan hasilnya yang mengalami penurunan nilai dakwah secara cukup drastis.


5. Pemeran


Idealnya sosok para pemeran adalah mereka yang dalam kesehariannya adalah orang-orang yang shaleh. Sehingga apa yang diperankannya dalam film itu memang mencerminkan jiwa dan kepribadiannya juga.


Akhlaq para pemain di luar film haruslah akhlaq yang Islami pula, karena yang namanya dakwah meski lewat film adalah dakwah juga. Bukan semata-mata seni peran yang memerankan orang baik dan buruk. Sehingga tidak pantas film dakwah dimainkan oleh mereka yang akhlaqnya bertentangan dengan dakwah Islam itu sendiri. Yang masih suka mengumbar nafsu syahwat, membuka aurat dan bergaul bebas dengan lain jenis.


Biar bagaimana pun film dakwah bukan sekedar komoditas seni belaka, tetapi dia adalah sebuah produk dakwah, yang sejak hulu hingga hilir harus selaras dengan visi dakwah yang diembannya.


Namun untuk mendapatkan sosok pemeran yang memenuhi kriteria itu tidak terlalu mudah. Ini akibat hedonisme dan permisifisme yang sering identik (atau malah sengaja diidentikkan) dengan sosok para arits dan selebriti.


Ketidak-sesuaian antara karakter asli pemeran dengan lakon dan peran yang dimainkan sedikit banyak akan mengganggu para penonton yang mengenal sosok aslinya. Kalau dia adalah seorang yang baik dan hanif lalu berperan sebagai tokoh antagonis, mungkin tidak terlalu masalah. Namun kalau sebaliknya, di film jadi ustaz atau orang baik, tapi ketika ketemu sosok aslinya ternyata lagi joget di diskotik sambil teler menenggak alkohol. Nah, kan berabe.


6. Produser


Produser pun idealnya punya fikrah dan pemahaman Islam yang baik, sehingga ketika memproduksi film itu, sejak awal niatnya ibadah dan dakwah. Sehingga pertimbangan dalam setiap keputusan yang diambilnya selalu bervisi yang baik. Bukan sekedar asal laku filmnya dan asal murah. Sementara kualitas dan visi Islamnya tidak diperhatiakan.


7. Kru


Sebuah produk tayangan film yang Islami, idealnya memiliki kru yang juga punya wawasan dan kecintaan pada Islam serta setia mengaplikasikan ajaran Islam dalam diri mereka. Bahkan ketika pembuatan film sedang berlangsung, maka kru yang Islami adalah mereka yang tetap memperhatikan waktu-waktu shalat. Dan bila bertepatan dengan Ramadhan, maka tetap menjalankan ibadah puasa.


Ketika saat break datang, mereka tetap menjalankan shalat lima waktu dengan berjamaah. Serta mengisi saat saat kosong dengan sesuatu yang bermanfaat, misalnya zikir, tilawah Al-Quran, diskusi yang positif dan seterusnya. Bukannya malah senang-senang di bar dan diskotik melepas lelah sambil memuaskan nafsu syahwat.


Idealnya teman-teman seniman film itu berprilaku Islami dalam semua hal. Misalnya, ketika bulan puasa mereka tetap aktif puasa semuanya. Malam hari mereka isi dengan tarawih berjamaah, sahur dan berbuka puasa di lokasi syuting. Bahkan pagi hari mereka mengadakan kuliah subuh. Sehingga gema dan syiar Ramadhan tidak


Terlewatkan begitu saja hanya alasan sibuk bekerja di lokasi syuting. Bahkan kalau perlu mendatangkan para ustaz yang secara bergilir memberi pelajaran dan siraman rohani ke lokasi. Bahkan hebatnya lagi, meski di luar ramadhan, mereka pun tidak ada yang merokok apalagi minum khamar.


Karena akan menjadi lucu kalau sebuah film yang judulnya saja sudah dakwah, tapi saat-saat pembuatan filmya, para krunya tidak pernah shalat, saat Ramadhan tidak puasa, kerjanya main ke diskotik dan campur baur dengan wanita penghibur. Walhasil, nilai dakwahnya hilang sebelum film itu sendiri selesai dibuat. Allah SWT berfirman:


"Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan." (QS. Ash-Shaff: 2-3)


8. Sponsor


Idealnya, sebuah film Islami dispansori oleh perusahaan yang produknya baik dan tentu saja harus halal. Kita tidak bisa membayangkan kalau membuat film dakwah tapi sponsornya pabrik bir atau rokok. Sehingga terjadi kontradiksi antara isi tayangan dengan sponsornya.


Dan tentu masih banyak detail-detail lainnya yang harus dibicarakan terlebih dahulu dalam produksi sebuah film Islami. Agar jangan sampai niat yang baik itu menuai/ panen kritik dari kalangan muslim sendiri.


Karena itu minimal sebuah produksi film Islami itu harus memiliki konsultan syariah yang bekerja secara serius membicarakan adegan demi adegan sehingga betul-betul mencerminkan sebuah film dakwah.


9. Konsultan Syariah


Karena itu minimal sebuah produksi film Islami itu harus memiliki konsultan syariah yang bekerja secara serius membicarakan adegan demi adegan sehingga betul-betul mencerminkan sebuah film dakwah. Tidak cukup hanya sekedar simbolisme dengan lembaga ulama, namun sejak awal ide cerita itu dibuat, sudah


Menuju Kepada Pembuatan Film yang Ideal


Semua yang tadi diungkap tentu tidak bisa lahir dan terwujud dengan sendirinya, namun perlu diupayakan penumbuhannya secara baik dan terencana baik jangka pendek maupun jangka panjang.


Kita bisa melakukan dua kerja sekaligus yang berjalan dengan simultan. Pertama, yaitu `mengIslamkan` orang-orang film. Maksudnya melakukan loby, pendekatan dan juga pembinaan kepada insan-insan perfilman termasuk kepada para produser dan penyandang dana. Kepada mereka perlu disadarkan bahwa sebuah film itu bisa menjadi sarana amal untuk mendapatkan pahala di akhirat, asal dilakukan sesuai dengan kaidah dan koridor syariah.


Beberapa insan perfilman sudah mulai menyadari ini dan mulai berpikir untuk mencari pahala melalui film. Beberapa di antara mereka ada yang sudah sampai pada komitmen untuk tidak berkarya kecuali hanya yang sesuai dengan Islam. Sebagian lagi ada yang sudah merasa perlu bervisi agama meski karyanya belum sepenuhnya sesuai dengan koridor.


Namun intinya, barisan ini perlu mendapat perhatian dan pembinaan. Tentu saja pendekatan kepada para seniman ini punya gaya dan seni tersendiri yang tidak terlau mirip dengan pendekatan kepada khalayak umum.


Yang kedua, kita perlu mengkader tunas-tunas da`i muda untuk bisa belajar dan terjun ke dunia tersebut dengan tujuan, pola, arahan, evaluasi dan gerakan yang berirama. Baik untuk menjadi penulis cerita, sutradara, pemain, kru atau lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa pertemuan dua dunia yang berbeda itu pastilah menimbulkan friksi di sana sini. Akibat jauhnya dua kutub itu selama ini.


Juga perlu diperhatikan jangan sampai seorang da`i yang tadinya sholeh dan baik, tapi akibat salah bergaul dengan 'orang-orang film' malah menjadi semakin jauh dari visi dan misi Islamnya. Jangan sampai tujuan yang mulia di awalnya itu malah melahirkan kader baru di dunia yang tidak baik tersebut.


Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu `alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Ahmad Sarwat, Lc


Sumber: http://www.eramuslim.com/ustadz/dll/8408110604-film-islami-sesuai-syariat-islam.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar